Khotbah Minggu, 27 Januari 2019

HIDUP ORANG BENAR
Ayat Pokok: Kejadian 7:1
Oleh: Pdt. Devi Runtuwarow

Kejahatan di jaman Nuh sangat luar biasa. Maka menyesallah TUHAN, bahwa Ia telah menjadikan manusia, sehingga Tuhan mengambil keputusan untuk menghapuskan manusia dari muka bumi. Tetapi Nuh mendapat kasih karunia di mata TUHAN.

Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Nuh: “Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini” (Kej. 7:1).

“Sebab tujuh hari lagi Aku akan menurunkan hujan ke atas bumi empat puluh hari empat puluh malam lamanya, dan Aku akan menghapuskan dari muka bumi segala yang ada, yang Kujadikan itu.” Lalu Nuh melakukan segala yang diperintahkan TUHAN kepadanya” (ay. 4-5).

Demikianlah dihapuskan Allah segala yang ada, segala yang di muka bumi, baik manusia maupun hewan dan binatang melata dan burung-burung di udara, sehingga semuanya itu dihapuskan dari atas bumi; hanya Nuh yang tinggal hidup dan semua yang bersama-sama dengan dia dalam bahtera itu” (ay. 23).

Orang benar diselamatkan
Kejahatan orang-orang di kota Sodom dan Gomora sudah genap. Tuhan akan memusnahkan kota itu. Lalu,

Abraham datang mendekat dan berkata: “Apakah engkau akan melenyapkan orang benar bersama-sama dengan orang fasik?” (Kej. 18:23).

“Bagaimana sekiranya ada lima puluh orang benar dalam kota itu?” TUHAN berfirman: “Jika Kudapati limapuluh orang benar dalam kota Sodom, Aku akan mengampuni seluruh tempat itu karena mereka” (ay. 26).

Abraham belum puas, ia mengajukan penawaran yang kedua.

“Sekiranya kurang lima orang dari kelima puluh orang benar itu, apakah Engkau akan memusnahkan seluruh kota itu karena yang lima itu? Firman-Nya: “Aku tidak memusnahkannya, …”

Abraham terus melakukan penawaran, hingga penawaran keenam, katanya:

Janganlah kiranya Tuhan murka, kalau aku berkata lagi sekali ini saja. Sekiranya sepuluh didapati di sana? Firman-Nya: “Aku tidak akan memusnahkannya karena yang sepuluh itu” (ay. 32).

Tetapi ternyata Tuhan tidak menemukan sepuluh orang benar di sana. Sodom dan Gomora dimusnahkan. Betapa istimewanya orang benar di hadapan Tuhan.

Perbuatan orang benar diperhitungkan
Yunus masuk ke dalam kota Niniwe, dan menyerukan bahwa empat puluh hari lagi Niniwe akan ditunggangbalikkan. Orang Niniwe sesungguhnya orang yang percaya kepada Allah. Maka atas perintah raja dan para pembesarnya, mengumumkan agar semuanya; manusia dan ternak, berselubung kain kabung dan berseru dengan keras kepada Allah dan berbalik dari tingkah lakunya yang jahat dari kekerasan yang dilakukannya.

Ketika Allah melihat perbuatan mereka itu, menyesallah Allah karena malapetaka yang telah dirancangkan-Nya terhadap mereka, dan Ia pun tidak jadi melakukannya (Yun. 3:4-10).

Pertobatan orang-orang Niniwe diperhitungkan Tuhan sehingga Tuhan membatalkan keputusannya.

Haleluyah! Tuhan Yesus memberkati.