Keamanan, Keselamatan & Lingkungan

Safety Culture

Keselamatan & Kesehatan Kerja merupakan kebutuhan jaminan perlindungan yang wajib diselenggarakan oleh Perusahaan guna melindungi asset Perusahaan termasuk Sumber Daya Manusia, seperti diamanatkan dalam Undang Undang Kesl.  Kerja No. 1 Tahun 1970.

PT Pupuk Iskandar Muda adalah Perusahaan berskala besar dengan konstruksi pabrik dirancang aman, kendatipun demikian tetap harus waspada dari kemungkinan munculnya potensi bahaya kecelakaan, kebakaran, peledakan.

Agar Pabrik dapat beroperasi dengan aman, diperlukan pengetahuan Keselamatan, Kesehatan Kerja (K-3) yang diimplementasikan dalam aktifitas rutin operasional.

Kebijakan & Komitmen K-3 diterapkan dan dievaluasi secara rutin untuk memastikan bahwa sistem K-3 dapat terlaksana dengan baik.

PT Pupuk Iskandar Muda senantiasa selalu melakukan improvement dalam segala bidang termasuk peningkatan kinerja K-3 guna meningkatkan jaminan keselamatan operasional pabrik, lingkungan dan karyawannya.

Diharapkan kepada seluruh karyawan/ti dan pihak ketiga selalu memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing bidang, guna memberikan kontribusi yang positif pada kemajuan perusahaan.

Dengan semangat kebersamaan PT Pupuk Iskandar Muda bertekad untuk mewujudkan hari kerja tanpa kecelakaan “ZERO ACCIDENT”.


Lingkungan

PT Pupuk Iskandar Muda sebagai produsen pupuk urea senantiasa berupaya melaksanakan kegiatan industri yang akrab lingkungan untuk memelihara keseimbangan ekosistem dengan peran aktif seluruh karyawan, manajemen, dan stake holder.

Untuk mewujudkan maksud tersebut, perusahaan menempuh langkah-langkah dan upaya antara lain sebagai berikut :

  • Mematuhi undang-undang dan peraturan lingkungan hidup yang berlaku.
  • Berusaha secara terus menerus untuk memperbaiki kinerja lingkungan.
  • Berupaya mencegah dan mengendalikan terjadinya pencemaran.
  • Berusaha dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan sistem manajemen lingkungan dengan melibatkan seluruh unit kerja dan instansi terkait.
  • Mempersiapkan unit kerja yang berkompetensi.

PT Pupuk Iskandar Muda memiliki komitmen yang sangat kuat terhadap pengendalian limbah pabrik, baik limbah cair, padat, gas, maupun debu urea yang merupakan aspek penting yang harus diprioritaskan pengelolaannya. Pengendalian dilakukan untuk mewujudkan lingkungan yang baik dan serasi di area pabrik, komplek perumahan, dan sekitar perusahaan sesuai dengan peraturan dan perundangan yang berlaku.

Upaya pengendalian lingkungan dilakukan dengan cara mencegah terjadinya pencemaran lingkungan seminimal mungkin:

  1. Scrubber System untuk mencegah lolosnya uap ammonia dari pabrik ke lingkungan, pada saat start-up maupun emergency shut down.
  2. Pengolahan limbah cair dengan proses Netralisasi, Stripping dan Aerasi sehingga limbah cair yang dibuang ke media lingkungan memenuhi baku mutu yang ditetapkan dan tidak mencemari lingkungan.
  3. Pencegahan dengan mengurangi limbah dari sumbernya antara lain sebagai berikut :
    • Pemanfaatan kembali gas buang (purge gas) melalui Purge Gas Recovery Unit yang menghasilkan kembali ammonia dan hydrogen, sehingga purge gas yang dijadikan fuel terbebas dari ammonia.
    • Pencemaran udara oleh debu urea diminimasi dengan Dust Recovery System dan Dust Scrubber.
    • Pemanfaatan kembali kondensat yang terbebas dari ammonia setelah diproses melalui Process Condensate Stripper.
  4. Pemasangan Oil Skimer untuk memisahkan kembali oli yang terbuang bersama limbah cair.
  5. Pemasangan alat monitoring kualitas udara, sebagai upaya mendeteksi lebih dini bila terjadinya pencemaran udara.